Semoga blog ini bermanfaat bagi yang membaca.. aminyrb.. ^_^

Penyebab Telur Tidak Menetas

Hal yang pernah kami alami dalam beternak selain ternak kami mati karena penyakit, kami juga mengalami kegagalan dalam menetaskan telur lewat mesin tetas. ada beberapa faktor yang menyebabkan telur tidak menetas yaitu : 

  1. Kondisi mesin yang tidak stabil atau error pada pengaturan suhu sehingga menyebabkan suhu menjadi terlalu panas atau terlalu dingin. suhu di dalam ruang inkubasi Tidak boleh lebih panas dari 39'C atau lebih dingin dari 25'C. suhu yang paling baik untuk penetasan berkisar antara 36'C-39'C. penyebab lain yang bisa menurunkan suhu yaitu matinya listrik pemanas mesin yang bisa menyebabkan suhu pada inkubator turun drastis. Sebelum dimasukkan kedalam mesin penetas sebaiknya telur diangin-anginkan terlebih dahulu selama kurang lebih 1 jam.
  2. Yang sering kali dilupakan pada dalam menggunakan mesin tetas adalah memutar balikkan telur, memutar balik telur berfungsi agar embrio telur tidak melekat/menempel pada dinding kulit telur tersebut.
  3. Formula pakan pada indukan kalkun yang kurang. dalam proses pembentukan telur indukan membutuhkan asupan gizi dan vitamin yang cukup agar menghasilkan telur yang baik. vitamin yang dibutuhkan yaitu vitamin E dan Vitamin B.
  4. Hal yang paling menentukan dari tetasan telur selain mesin penetas adalah indukannya. seleksi dalam pemilihan indukan sangat penting, yang penting dalam pemilihan indukan bisa ditentukan dari Umur, Postur Tubuh, Silsilah/Asal Muasal, sama kesehatan indukan tersebut.
penjelasan diatas hanya sekedar sharing dari kami klo ada yang ingin menambahkan kami persilahkan..

4 komentar:

  1. memang ini harus pake mesin penetas yah? gak bisa dieremin sendiri sama induknya? terima kasih infonya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lebih bagus pakai cara alami diangkrem mas bos, tapi kalau untuk hasil telur yang banyak pakai mesin tetas mas bos, kalau alami 8-15 telur 1 indukan, kalau mesin 10-30 telur 1 indukan mas bos.

      Hapus
  2. Gan, saya punya kalkun. Telur nya udah 12 biji, tiap 2 hari sekali bertelur , bisa di eramin sendiri ga sama induknya ??

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa mas bos, tenang aja, ntar klo dah umur 1 minggu -10 hari di teropong mas bos vertil ato ngak, biasanya ada beberapa telur yang ngak vertil.

      Hapus